TELOR ASIN JAMU

TELOR ASIN OBAT / TELOR ASIN JAMU
IRFA’ DAROJAT

TELOR ASIN DAROJAT TERBUAT DARI :

TELOR AYAM ATAU TELOR BEBEK 

YANG DIRENDAM KEDALAM LARUTAN DALAM TOPLES TERTUTUP SELAMA 4 HARI

AIR PUTIH
GARAM KALIUM NITRAT
GARAM KRISTAL/GARAM KROSOK
ARANG , JINTAN HITAM dan KAPUR TOHOR INJET
KAYUMANIS, SECANG, TEH dan BAWANG PUTIH 
GULA BATU, ASEM

dengan harapan telor ini punya khasiat obat untuk membantu kesembuhan dan menunjang kesehatan, amin.

GARAM KALIUM NITRAT
Senyawa kimia kalium nitrat merupakan sumber alami mineral nitrogen. Senyawa ini tergolong senyawa nitrat dengan rumus kimia KNO3.
Kalium merupakan mineral zat mikro penting dalam gizi manusia; ia membantu dalam pengecutan otot dan pengekalan keseimbaingan bendalir dan elektrolit dalam sel tubuh. Kalium juga penting dalam penghantaran impuls saraf serta pembebasan tenaga daripada protein, lemak, dan karbohidrat semasa metabolisme.
Memakan bermacam jenis makanan yang mengandungi kalium adalah cara terbaik untuk memperoleh jumlah yang mencukupi. Individu sihat yang memakan gizi yang seimbang jarang sekali memerlukan makanan tambahan. Makanan yang mengandungi sumber kalium yang tinggi termasuklah pisang, avokado, saderi dan turnip, dan kebanyakan buah-buahan, sayur-sayuran dan daging lain juga mengandungi kalium. Kajian menunjukkan gizi yang mengandungi kandungan kalium yang tinggi boleh merendahkan risiko menghidapi tekanan darah tinggi.

GARAM KRISTAL/GARAM KROSOK
Kristal garam ini kaya dengan tenaga bio, mineral dalam garam kristal berbentuk ion yang memudahkan proses serapan mineral dalam tubuh seseorang. Ada sekitar 84 jenis mineral dan zat galian dalam garam kristal dalam bentuk yang seimbang untuk keperluan tubuh. Kristal Garam mudah diserap oleh sel dalam tubuh, bahkan menurut penelitian salah satu Universitas di Malaysia kandungan mineral dan zat galian ini hampir sama dengan kandungan yang terdapat dalam air Zamzam. Wow…!
Menurut para peneliti, garam kristal mengandung 84 elemen zat terpenting diiantaranya klorida yang bisa digunakan oleh tubuh untuk membuat asid hidroklorik (bahan penting bagi pertumbuhan dan pendinginan saluran pencernaan). Oleh karena itu, mengonsumsi sedikit garam sebelum makan bisa mencukupi kebutuhan asid hidroklorik dalam perut sebelum makanan baru masuk. Sebenarnya, kesan berbahaya akibat terlalu banyak makan garam itu adalah bukan karena panas klorida melainkan karena efek panas sodium yang naik. Bahkan orang yang tidak langsung makan garam pun bisa mendapatkan penyakit akibat kekurangan asid hidroklorik dalam badannya.
Garam ini tak hanya diigunakan untuk pengawetan ikan asin tetapi juga untuk terapi kesehatan. Sejak beberapa ratus tahun yang lalu, garam merupakan bahan yang sering digunakan untuk berbagai keperluan kesehatan dan penggunaannya semakin penting meski di era modern seperti sekarang. Garam korosk mengandung ion dan mineral seperti ion natrium (Na+), kalium (K+), magnesium (Mg++), kalsium (Ca++), karbonat – bikarbonat (CO3 2- dan HCO3 2-), dan klorida (Cl-). Ini semua sangat berperan penting dalam menjaga keseimbangan metabolisme tubuh. Ayo berdayakan lagi penggunaan garam krosok, mulai saat ini juga!

JINTAN HITAM
Jintan hitam atau habbatussauda (nigella sativa) merupakan rempah-rempah yang sudah lama terkenal sebagai tanaman obat.
Rempah-rempah ini berbentuk butiran biji berwarna hitam. Sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu dan digunakan secara luas oleh masyarakat India, Pakistan, dan Timur Tengah untuk mengobati berbagai macam penyakit.
Jintan hitam mempunyai banyak nama. Di antaranya black seed, black caraway, natura seed, jintan hitam, black cumin, dan kaluduru.

BAWANG PUTIH
Manfaat bawang putih terkenal bukan hanya untuk menambah rasa masakan, tapi juga dipercaya berkhasiat untuk kesehatan. Manfaat bawang putih sendiri telah lama digunakan sejak zaman Mesir kuno, India bahkan Tiongkok. Tanaman dari keluarga Allium atau bawang ini banyak digunakan untuk berbagai keperluan medis.
Sejumlah studi mengaitkan konsumsi banyak bawang putih dengan penurunan tekanan darah, tingkat kolesterol, menguatkan sistem kekebalan tubuh, serta memperbaiki sirkulasi darah dan menjauhkan risiko penyakit jantung.
Baik Untuk Jantung
Salah satu manfaat bawang putih yang disebutkan adalah baik untuk kesehatan jantung. Dari suatu penelitian, ditemukan data bahwa pemberian suplemen yang mengandung ekstrak bawang putih berpotensi memberikan efek perlindungan untuk kesehatan jantung. Efek ini terlihat dari kemampuan bawang putih untuk menurunkan kolesterol, dan efek pengencer darah yang dapat membantu melancarkan sirkulasi darah.
Baik Untuk Kesehatan Saluran Cerna
Tak hanya baik untuk jantung, manfaat bawang putih lainnya adalah untuk kesehatan saluran cerna. Bawang putih mengandung zat allicin yang berfungsi sebagai antibiotik juga antijamur. Penelitian menunjukkan bahwa manfaat bawang putih juga dapat digunakan untuk melawan infeksi bakteri H.pylori di lambung.
Mencegah Kanker
Salah satu manfaat bawang putih yang sedang banyak diteliti adalah efeknya dalam melawan kanker. Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa bawang putih dapat menekan aktivitas sel kanker. Berdasarkan temuan tersebut, bawang putih memiliki potensi sebagai sumber antikanker. Studi lain menunjukkan pula bahwa mereka yang terbiasa mengonsumsi bawang putih berisiko lebih kecil untuk terkena kanker usus besar. Namun, masih dibutuhkan penelitian dalam skala yang lebih besar untuk menerapkannya sebagai pengobatan secara medis.
Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol
Ekstrak bawang putih diduga mampu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Beberapa temuan penelitian mengungkapkan bahwa bawang putih dapat melebarkan pembuluh darah serta mengendurkan otot halus.
Bawang putih juga diduga mampu sedikit menurunkan kolesterol dalam tubuh, tetapi bukan berarti bawang putih dapat menjadi obat hipertensi maupun kolesterol yang efektif karena masih memerlukan penelitian yang lebih luas.
Mencegah Pilek
Bawang putih dipercaya dapat mencegah pilek karena diduga mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang terbiasa mengonsumsi pilek lebih jarang mengalami flu dan pilek dan akan lebih cepat sembuh ketika terkena flu dibandingkan mereka yang tidak. Namun, bagaimana cara kerja dan penggunaan manfaat bawang putih sebagai pencegahan dan pengobatan untuk flu dan pilek masih perlu diteliti.
Khasiat dan manfaat bawang putih dapat dimaksimalkan jika dikonsumsi mentah karena memasaknya terlalu matang dapat menghancurkan kandungannya yang penting. Jika Anda berniat menggunakan suplemen bawang putih untuk tujuan kesehatan, ada baiknya Anda bertanya terlebih dahulu kepada dokter, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau sedang menggunakan obat pengencer darah.
BELERANG ALAMI YANG TERDAPAT PADA BAWANG PUTIH DAN TELOR
Menstabilkan struktur protein. Ikatan sulfida sangat penting artinya untuk membentuk protein stabil.
Berperan dalam mengaktifkan enzim, karena berbagai enzim membutuhkan gugus sulfurhidril (-SH) yang bebas, untuk melakukan aktivasinya. Dengan demikian sulfur berperan dalam proses oksidasi-reduksi atau pernafasan jaringan.
Berperan dalam metabolisme energi dengan cara membentuk senyawa denganko-enzim A.
Sulfur berfungsi sebagai peredam racun. Gugus sulfur yang aktif bersenyawa dengan racun itu sehingga menjadi senyawa yang tidak berbahaya, kemudian dikeluarkan melalui urin.
Berperan penting pada proses pembulatan zat gula.
Kegunaan sulfur sangat penting sebagai bagian dari empat asam amino. Zat ini berguna melakukan fungsi reaksi enzim dan sistesis protein. Hasilnya yaitu mendorong pembentukan kolagen pada jaringan ikat dan membantu produksi keratin untuk kulit, rambut, maupun kuku.  Sebagai sistin dan metionin, sulfur membantu pembentukan hormon insulin. Hormon ini berguna untuk mengatur metabolisme karbohidrat, anti pembekuan darah, dan heparin. Dalam bentuk taurin, sulfur ditemukan pada asam empedu. Gunanya sebagai pendukung dalam proses pencernaan.
Asam amino sulfur turut merangsang pembentukan zat lain seperti biotin, koenzim A, asam lipota, dan glutathione. Sulfur berguna pula untuk membentuk mucoply sakarida yang berisi kondroitin sulfat untuk kesehatan jaringan sendi.
Sebagai terapi, sulfur dipakai untuk obat sakit kulit seperti eksim, dermatitis, dan psoriasis. Taurin dipakai sebagai pengobatan epilepsi dan meredakan gejala alergi.
Sulfur juga  merupakan elemen penting bagi semua kehidupan, dan secara luas digunakan dalam proses biokimia, dalam reaksi metabolik, sebagai bahan bakar baik dan pernafasan (oksigen-menggantikan) bahan untuk organisme sederhana, serta merupakan bagian penting dari banyak enzim dan juga dalam molekul antioksidan. 

Kayu Manis

Sebelum Anda mengetahui manfaat kayu manis untuk kesehatan, terdapat hal lain yang harus Anda ketahui. Meski kayu manis telah banyak digunakan untuk pengobatan, manfaat kayu manis untuk kesehatan masih menjadi pro kontra sehingga penelitian lanjutan terkait khasiat kayu manis masih harus dilakukan.
Kulit batang kayu manis memiliki aroma yang khas, rasa agak manis, pedas dan kelat. Jika pengamatan dilakukan secara makroskopik, potongan kulit berbentuk gelondong, agak menggulung membujur dan memiliki panjang sampai 1 meter dengan tebal kulit 1 mm sampai 3 mm.
Berikut adalah manfaat kayu yang harus Anda tahu, di antaranya:

1. Mengontrol gula darah

Manfaat kayu manis yang pertama adalah kemampuannya mengontrol gula darah. Hal ini dikarenakan kayu manis mengandung antioksidan yang bisa membantu mengontrol tingkat gula darah.
Selain itu, kayu manis juga membantu proses pencernaan setelah makan dan membantu memperbaiki respon insulin pada pasien diabetes tipe 2. Satu gram kayu manis saja diketahui bisa menurunkan tingkat gula darah, trigliserida, kolesterol buruk, dan kolesterol total pada pasien diabetes.

2. Anti infeksi

Manfaat kayu manis lainnya adalah kemampuannya mengatasi infeksi. Hal ini karena kayu manis memiliki komponen anti infeksi natural. Dalam berbagai penelitian, kayu manis terbukti efektif menghilangkan bakteri H. Pylori yang dapat menyebabkan sakit maag dan berbagai jenis penyakit lainnya yang disebabkan bakteri.

3. Meningkatkan fungsi otak

Mencium bau kayu manis diketahui bisa meningkatkan aktivitas otak. Selain itu, aroma kayu manis juga bisa meningkatkan proses kognitif seseorang dan membantu dalam hal berkonsentrasi, mengingat, dan kecepatan bekerja.

4. Menurunkan kolesterol

Kayu manis mengandung kalsium, serat, dan banyak mineral seperti mangan. Oleh karena itu, kayu manis sangat cocok untuk kesehatan pencernaan, usus, serta melindungi dari penyakit jantung dan kolesterol.
Kalsium dan serat pada kayu manis juga membantu menghilangkan garam pada tubuh dan mencegah kanker usus. Tak hanya itu, manfaat kayu manis juga bisa mengobati konstipasi karena kandungan seratnya.

5. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Texas menunjukkan bahwa, manfaat kayu manis dapat mengurangi proliferasi sel kanker. Tidak hanya itu, kayu manis juga menjadi salah satu rempah yang dapat menyembuhkan kanker.

6. Menghangatkan

Kayu manis biasanya digunakan oleh pengobatan tradisional China pada orang yang terkena demam atau influenza. Hal ini karena kayu manis mengandung zat yang membuat tubuh lebih hangat dan nyaman.

7. Mencegah penggumpalan darah

Cinnamaldehyde, minyak yang dihasilkan oleh kayu manis bisa mencegah darah untuk menggumpal. Kayu manis juga mengeluarkan asam lemak antiperadangan yang disebut arachidonic. Asam lemak ini kemudian mengurangi radang dan penggumpalan darah.
Cinnamaldehyde merupakan suatu senyawa atau komponen di dalam minyak atsiri terletak pada sel minyak pada kulit kayu manis. Minyak atsiri semula di luar sel kemudian merusak sel-sel disekitarnya sehingga terbentuklah saluran semacam organ dengan minyak atsiri di dalamnya yang disebut kelenjar. Pembentukan kelenjar yang demikian disebut sebagai pembentukan secara schizolysigen.

8. Meringankan sakit pada penderita rematik

Manfaat kayu manis selanjutnya adalah kemampuannya mengatasi rematik. Dalam penelitian yang dilakukan di Department of Internal Medicine menunjukkan, kayu manis juga dapat mengurangi sitokin (protein-protein kecil sebagai mediator dan pengatur imunitas, inflamasi dan hematopoesis) yang dapat menyebabkan rematik.

9. Menyeimbangkan kadar hormon

Kayu manis memiliki kandungan alami yang disebut cinnamaldehyde yang dapat menyeimbangkan hormon, meningkatkan hormon progesteron, dan mengurangi hormon testosteron pada wanita.

10. Antimikroba

Salahg satu manfaat kayu manis yang cukup populer adalah kegunaannya untuk melawan pertumbuhan jamur dan bakteri, salah satunya adalah jenis Candida. Candida adalah mikroorganisme penyebab infeksi yang bisa ditemukan di mulut, vagina dan usus, yang menyebabkan penyakit pada kulit dan membran mukus.
Infeksi Candida pada bagian dalam tubuh bisa dikurangi bahkan dihentikan dengan mengonsumsi kayu manis. Peran ini didukung oleh kandungan cinnamaldehyde yang terdapat pada minyak kayu manis.

11. Meningkatkan sensitivitas terhadap hormon insulin

Kandungan kromium dan polifenol dalam kayu manis terbukti meningkatkan sensitivitas terhadap hormon insulin, mengingat senyawa-senyawa ini mempunyai efek yang mirip dengan persinyalan insulin dan kontrol glukosa.
Semakin meningkatnya sensitivitas terhadap insulin dalam tubuh seseorang, semakin sedikit jumlah insulin yang dibutuhkan oleh orang tersebut untuk membuat gula darah menjadi stabil. Dengan meningkatnya sensitivitas terhadap hormon insulin, risiko penyakit tekanan darah tinggi, diabetes tipe dua, dan kolesterol bisa diminimalisir.

12. Menjaga kondisi sel saraf

Kematian sel saraf merupakan pemicu berbagai penyakit saraf, seperti penyakit Huntington, Alzheimer, Parkinson, dan sejenisnya. Penyakit-penyakit neurodegeneratif ini berhubungan dengan kerusakan sel-sel saraf dan memengaruhi pengendalian gerak, pengolahan informasi sensorik, hingga pengambilan memori.

13. Baik untuk jantung

Sebuah penelitian mengungkapkan, konsumsi makanan yang kaya akan rempah-rempah seperti kunyit dan kayu manis, dapat mengurangi efek negatif dari makanan berlemak, sehingga dipercaya dapat dipercaya menurunkan risiko penyakit jantung.

14. Infeksi bakteri dan jamur

Kandungan zat cinnamaldehyde yang terdapat pada kayu manis diyakini mampu membantu melawan berbagai jenis infeksi. Minyak kayu manis misalnya, telah terbukti efektif dalam mengobati infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh jamur. Efek antimikroba pada kayu manis juga dapat membantu mengurangi bau mulut dan mencegah kerusakan gigi

15. Mengatasi Alzheimer

Manfaat kayu manis selanjutnya adalah kemampuannya mengatasi Alzheimer. Semua ini karena kandungan antioksidan seperti polifenol yang tinggi. Kandungan antioksidan yang tinggi pada kayu manis ini bisa melindungi tubuh dari radikal bebas, antioksidan juga dipercaya bermanfaat untuk penyakit Alzheimer.
Selain kandungan antioksidan yang tinggi, kandungan lain yang terdapat pada kayu manis dipercaya juga dapat menghambat penumpukan protein di otak, yang merupakan salah satu penyebab utama Alzheimer.

16. Antioksidan

Bagi Anda yang sering terpapar polusi udara, disarankan untuk mendapatkan manfaat kayu manis. Khasiat kayu manis yang bisa dirasakan oleh tubuh karena kandungan antioksidannya yang tinggi yaitu polifenol, zat yang bisa melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas.
Polifenol dalam kayu manis juga bisa bermanfaat untuk menjaga dan memelihara kesehatan lainnya antara lain, mengurangi tanda-tanda penuaan, melindungi kulit dari radiasi sinar UV, mengurangi inflamasi, dan menjaga kesehatan otak.
Nah, itulah manfaat kayu manis yang bisa Anda dapatkan. Meski kayu manis berguna untuk menunjang kesehatan tubuh, namun Anda juga perlu memperhatikan jumlah takaran yang sebaiknya diterima tubuh. Meski tidak ada takaran yang pasti, dalam sehari biasanya Anda disarankan tidak lebih mengonsumsi kayu manis lebih dari 2 sendok atau 5 gram.

KENCUR
Bagian daun kencur memiliki manfaat untuk mengatasi demam, bengkak, rematik, oftalmia, dan dan pharyngodynia. Sedangkan pada bagian rimpang atau akar, kencur memiliki aroma yang sangat kuat. Rimpang biasa dikonsumsi sebagai bagian dari proses pengobatan medis herba, meski tidak semua negara pengguna kencur memanfaatkannya. Contohnya, masyarakat Bangladesh membuat jus rimpang kencur untuk mengobati sakit gigi dan ketombe.
Tidak hanya rimpang dan daun, kencur secara utuh memiliki beragam manfaat yang menguntungkan bagi kesehatan tubuh. Kebiasaan ini dilakukan masyarakat Tiongkok sejak lama dalam memanfaatkan khasiat kencur untuk mengobati berbagai gangguan kesehatan, seperti:
Di lokasi yang berbeda, orang-orang Jepang memercayai kencur sebagai tanaman herba  yang bisa mengatasi gangguan tidur dan stres. 

mau uji coba
sudah beli telor bebek 20.000,- dapat 10 butir, kencur sebungkus 25.000,- kayu manis 7.000,- jintan hitam 15.000,- belerang 15.000,- garam kalium nitrat 50.000,- garam krosok 26.000 dapat 20 bungkus, belum beli bawang putih, untuk uji coba sementara cukup mengambil dari dapur,
PERKIRAAN NANTI KALO BERHASIL DAN SUDAH PRODUKSI SECARA MASAL HARGANYA SEKITAR RP 3.000,- DARI SAYA, DAN BISA DIJUAL KE KONSUMEN AKHIR SEKITAR RP 5.000,- PER BUTIR.

ideproduksabuntebu.blogspot.com

Comments